Kamis, 08 Maret 2012

Tari Mangkok Coto

Awalnya tari ini diilhami dari tari piring, adalah Azmul Fuady Idham, Achmad Yani Nasrum dan Victor Matanggaran mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar yang merancang tarian ini. Setelah didesain sedemikian rupa, tarian ini pun diperkenalkan kepada beberapa teman-teman seangkatan kami. Namun, hanya Arham S dan Fahrul Syarif yang merespon dengan baik, Arham S mengusulkan tari yang katanya Tari Papua dan juga mengusulkan gerakan dimana penari membuat barisan dan menggerakkan tangan dengan arah yang berbeda, kemudian Fahrul mengusulkan gerakan yang ia temukan, dan kami menamainya gerakannya Fahrul. Tapi, Fahrul meninggalkan Tarian ini karena suatu hal yang lebih penting, kami pun mengajak beberapa teman yang lain untuk bergabung, adalah Muh Danu Bimasakti, Iwan Prasetyo dan Irvan Syah Putra yang ingin bergabung dengan kami.. Nah.. di situlah kami sering latihan bersama di rumah Nurfadillah atau yang biasa teman-teman sebut basecampnya Psikologi 2011.
Setelah menjalani latihan secara rutin, Tari Mangkok Coto pun terlahir.... adapun gerakan tarian yang ada dalam Tarian Mangkok Coto, yaitu Tari Zaman, Tari Piring, Tari Papua, Tari Paddupa, Tari Pendet, Tari Maggellu, Tari Kecak, Tari Tortor, gerakan 1000 tangan dewa, gerakan farul dan kami pun memasukkan gerakan sule serta gerakan cuci-cuci jemur-jemur.. tak lupa pula kami masukkan gerakan trisula, yang merupakan ciri kas dari anak Psikologi :)

Adapun kostum yang kami gunakan yaitu lipa' sabbe (sarung sutera), songkok recca (songkok khas dari Bone), celana hitam dan baju merah maroon, tak lupa tarian ini dilengkapi dengan mangkok  :)

Dan atas berkat dan rahmat dari Allah SWT, Tari ini pertama kali tampil pada malam Inaugurasi (pengukuhan mahasiswa) Fakultas Psikologi UNM angkatan 2011 pada jum'at 2 maret 2012 di Ballroom Mall Panakukan Makassar.. dan itu juga merupakan hari jadi dari Tarian Mangkok Coto.. Tarian khas Psychofren (Psychology Twenty Eleven Respect The UNM :D

Ini lah foto-foto kami 

























terimakasih buat Husnul Khatimah dan Ainun Mardiah, yang meminjamkan songkok, sarung dan mangkok. !!! :) 

Reaksi:

1 komentar:

Azmul Fuady Idham mengatakan...

masiri ladde ka mitakoo ahmad,, samammu too ok..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo